
EFEKTIFITAS METODE PJBL DENGAN MEDIA LOOSE PART LIMBAH KELAPA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA AL FALAH TANJUNGREJO JEKULO KUDUS
ASNA
RA AL FALAH TANJUNGREJO, KEC. JEKULO. KAB. KUDUS
Email : asna090973@gmail.com
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang upaya meningkatakan Kreativitas anak melalui kegiatan penggunaan media loose part bahan alam dan barang bekas. Metode penelitian yang digunakan deskriptif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Hasil analisa data bahwa: 1) perencanaan pembelajaran seperti menentukan bahan pelajaran dan merumuskan tujuan, mengembangkan dan mengorganisasikan media pembelajaran, merencanakan pengelolaan kelas, dan menyiapkan alat penilaian rencana pembelajaran. 2) melakukan pembelajaran, melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar, 3) peningkatan kemampuan dengan indikator. Berdasarkan hasil deskripsi Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II peningkatan pembelajaran dan pemanfaatan bahan bekas menjadi media pembelajaran pada siswa Kelompok A RA Al Falah Tanjungrejo Tahun Pelajaran 2022/2023 dapat terbagi atas dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Siklus I memberikan pengajaran secara umum dan siklus ke II berkenaan dengan rumusan materi pembelajaran. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa pembelajaran loose part dengan pemanfaatan limbah kelapa menjadi media pembelajaran sangat layak dan baik. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui hasil nilai keberhasilan rata-rata kelas pada Pra Siklus 40, meningkat pada Siklus I sebesar 32 menjadi 72, ditambah lagi adanya peningkatan pada Siklus II sebesar 9 sehingga pencapaian keberhasilan rata-rata kelas mencapai 81, artinya ada peningkatan yang baik dari Pra Siklus ke Siklus I dan dari SiklusI ke Siklus II. Dengan demikian terbukti bahwa melalui menyusun benda benda lost dapat meningkatkan perkembangan motorik pada anak usia dini.
Kata kunci : kreativitas, loose part, Media, bahan alam (loose part)
Abstract
This research aims to describe efforts to enhance children's creativity through activities involving the use of loose parts from natural materials and recycled items. The research method employed is descriptive with a Classroom Action Research design. The results of data analysis indicate that: 1) instructional planning involves determining the teaching materials and formulating objectives, developing and organizing instructional media, planning classroom management, and preparing assessment tools for the lesson plan. 2) conducting the instruction, performing process and learning outcome assessments. 3) improving skills based on indicators. Based on the results from the Pre-Cycle, Cycle I, and Cycle II descriptions, the enhancement of learning and the utilization of recycled materials as instructional media for students in Group A of RA Al Falah Tanjungrejo for the Academic Year 2022/2023 can be divided into two cycles, namely Cycle I and Cycle II. Cycle I provided general instruction, while Cycle II focused on the formulation of instructional material. The findings of this research reveal that using loose parts and utilizing coconut waste as instructional media is both suitable and effective. This is evidenced by the average class success scores, which increased from 40 in the Pre-Cycle to 72 in Cycle I, and then further increased by 9 points in Cycle II, resulting in an average class success score of 81. This demonstrates a significant improvement from Pre-Cycle to Cycle I and from Cycle I to Cycle II. Thus, it's evident that arranging and utilizing these loose parts can enhance the motor development of young children.
Keywords: creativity, loose parts, media, natural materials (loose parts)
Selengkapnya PDF
Daftar Pustaka
Khadijah, Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Teori dan Pengembangannya. Medan: Perdana Publishing, 2016.
Siatajani, Yuliati. Loose Part Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD. Semarang: PT Sarang Seratus Aksara, 2020
Kulsum, Umi. “Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Loose Parts,” Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 2 (2022) – 8 Februari, 2023.
Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana, 2011.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
JUKNIS PPDB MADRASAH TAHUN PELAJARAN 2025/2026
Kementrian Agama pada Seksi Pendidikan Madrasah memiliki beberapa misi. Salah satu misi Kementerian Agama adalah “Meningkatkan akses dan kualitas pendidikan umum berciri agama,
CARA MENGISI RAPOR P5RA DI RAPOR DIGITAL MADRASAH (RDM) VERSI 3.0 TAHUN 2024
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil ‘Alamin (P5RA) merupakan bagian dari implementasi kurikulum merdeka di madrasah. Sebelumnya fitur P5RA di aplikasi RDM versi
ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK) DI MI NU AL FALAH TAHUN AJARAN 2024/2025
Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pen
DISEMINASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE GASING KEPADA GURU MI NU AL FALAH
Metode GASING adalah suatu metode pembelajaran matematika dengan langkah demi langkah yang membuat anak menguasai matematika secara gampang, asyik dan menyenangkan. Kunci meto
VISITASI AKREDITASI MI NU AL FALAH OLEH TIM ASESOR BAN-PDM TAHUN 2024
Akreditasi Madrasah/sekolah adalah kegiatan penilaian (asesmen) Madrasah/sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) un
JUKNIS PPDB MADRASAH TAHUN PELAJARAN 2024/2025
Kementrian Agama pada Seksi Pendidikan Madrasah memiliki beberapa misi. Salah satu misi Kementerian Agama adalah “Meningkatkan akses dan kualitas pendidikan umum berciri agama,
Pelaksanaan Asesmen Madrasah Berbasis Komputer (AMBK) Tahun Pelajaran 2022/2023
MI NU Al Falah mulai melaksanakan Asesmen Madrasah Berbasis Komputer Tahun Pelajaran 2022/2023. Asesmen Madrasah Berbasis Komputer (AMBK) merupakan asesmen sumatif yang dilaks
JUKNIS PPDB MADRASAH TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Kementrian Agama pada Seksi Pendidikan Madrasah memiliki beberapa misi. Salah satu misi Kementerian Agama adalah “Meningkatkan akses dan kualitas pendidikan umum berciri agama,
Siswa MI NU Al Falah Tanjungrejo mampu menjadi Pramuka Garuda Kwarcab Kudus
Pramuka Garuda ialah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka (Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega). Pramuka Garuda diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomo
Sejarah MI NU Al Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus
Pada tahun 1986 di Desa Tanjungrejo Jekulo kudus di dirikan sebuah lembaga Guruan Madrasah Ibtidaiyyah yang di kelola oleh sebuah yayasan, Madrasah ini merupakan yang pertama dan satu s