
DISEMINASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE GASING KEPADA GURU MI NU AL FALAH
Metode GASING adalah suatu metode pembelajaran matematika dengan langkah demi langkah yang membuat anak menguasai matematika secara gampang, asyik dan menyenangkan. Kunci metode GASING ini adalah proses langkah demi langkah, yang disusun sedemikian rupa sehingga penguasaan materi dibangun dari pemahaman materi sebelumnya. Pada saat belajar suatu topik, ada titik kritis yang harus mereka lewati. Setelah mencapai titik kritis ini mereka tidak akan sulit lagi mengerjakan soal dalam topik tersebut. Metode GASING mengharuskan anak terlibat secara aktif memanfaatkan panca indra dalam kegiatan pembelajaran.
Pada pembelajaran metode GASING ini anak-anak diajak bermain dan bereksplorasi dengan alat peraga sehingga benar-benar terasa dan terbayang konsep yang ingin disampaikan. Salah satu ciri khas lain dari metode GASING adalah anak-anak dapat melakukan perhitungan di luar kepala (mencongak) dengan cepat. Secara umum urutan pembelajaran matematika menggunakan metode GASING sebagai berikut:
Konkret
Abstrak
Mencongak
Pada pembelajaran matematika dengan metode gasing GASING hendaknya dilaksanakan dengan urutan sebagai berikut:
- Pengenalan bilangan cacah. Dapat dilakukan dengan menggunakan alat bantu atau alat peraga seperti stick ice cream, kartu, dll.
- Operasi penjumlahan bilangan cacah
- Operasi perkalian bilangan cacah
- Operasi pengurangan bilangan cacah
- Operasi pembagian bilangan cacah.
Pada Kesempatan kali ini Pada hari Kamis, 24 Oktober 2024 Ibu Yuliatun, S.Pd. melakukan Diseminasi berbagi hal baik kepada rekan guru MI NU Al Falah supaya Ilmu yang telah didapatkan saat pelatihan dapat bermanfaat bagi guru MI NU Al Falah.
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
JUKNIS PPDB MADRASAH TAHUN PELAJARAN 2025/2026
Kementrian Agama pada Seksi Pendidikan Madrasah memiliki beberapa misi. Salah satu misi Kementerian Agama adalah “Meningkatkan akses dan kualitas pendidikan umum berciri agama,
VISITASI AKREDITASI MI NU AL FALAH OLEH TIM ASESOR BAN-PDM TAHUN 2024
Akreditasi Madrasah/sekolah adalah kegiatan penilaian (asesmen) Madrasah/sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) un
Pelaksanaan Asesmen Madrasah Berbasis Komputer (AMBK) Tahun Pelajaran 2022/2023
MI NU Al Falah mulai melaksanakan Asesmen Madrasah Berbasis Komputer Tahun Pelajaran 2022/2023. Asesmen Madrasah Berbasis Komputer (AMBK) merupakan asesmen sumatif yang dilaks
JUKNIS PPDB MADRASAH TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Kementrian Agama pada Seksi Pendidikan Madrasah memiliki beberapa misi. Salah satu misi Kementerian Agama adalah “Meningkatkan akses dan kualitas pendidikan umum berciri agama,
Siswa MI NU Al Falah Tanjungrejo mampu menjadi Pramuka Garuda Kwarcab Kudus
Pramuka Garuda ialah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka (Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega). Pramuka Garuda diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomo
Sejarah MI NU Al Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus
Pada tahun 1986 di Desa Tanjungrejo Jekulo kudus di dirikan sebuah lembaga Guruan Madrasah Ibtidaiyyah yang di kelola oleh sebuah yayasan, Madrasah ini merupakan yang pertama dan satu s
15 Contoh Catatan Wali Kelas Untuk Mengisi RDM Rapor Digital Madrasah
Berikut adalah beberapa contoh catatan wali kelas yang bisa dicantumkan untuk memberi motivasi kepada siswa supaya menambah semangat belajar untuk kedepannya. catatan wali kelas dapat