
JUKNIS PPDB MADRASAH TAHUN PELAJARAN 2024/2025
Kementrian Agama pada Seksi Pendidikan Madrasah memiliki beberapa misi. Salah satu misi Kementerian Agama adalah “Meningkatkan akses dan kualitas pendidikan umum berciri agama, pendidikan agama pada satuan pendidikan umum, dan pendidikan keagamaan”. Madrasah merupakan salah satu jenis pendidikan umum yang mempunyai kekhasan agama Islam dalam binaan Menteri Agama. Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru merupakan layanan pendidikan guna memenuhi hak-hak dasar warga negara untuk memperoleh pendidikan yang bermutu dan berkeadilan dengan menerapkan asas objektif, akuntabel, transparan dan tanpa diskriminasi sehingga mendorong peningkatan akses layanan pendidikan yang bermutu.
Dalam rangka meningkatan akses dan mutu serta relevansi pendidikan pada tahun pelajaran 2024/2025, Kementerian Agama berkomitmen memberikan kesempatan kepada anak bangsa untuk mendapatkan akses pendidikan yang bermutu di madrasah, yaitu Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, baik negeri maupun swasta yang tersebar di seluruh Indonesia.
Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menetapkan Petunjuk Teknis sebagai panduan pelaksanaan kegiatan penerimaan peserta didik baru pada madrasah.
Oleh karena itu, Dalam rangka pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Madrasah Tahun Pelajaran 2024/2025, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam telah menyusun Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Madrasah Tahun Pelajaran 2024/2025. Petunjuk Tehnis ini bertujuan agar menjadi pedoman pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Madrasah Tahun 2024 di seluruh wilayah Indonesia. Sehubungan dengan itu, kami minta kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi memberikan dukungan terhadap keberhasilan penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Madrasah dimaksud dengan mengambil langkah-langkah sebagai berikut:
- Meneruskan kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota dan seluruh Madrasah serta pihak-pihak lain terkait Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Madrasah Tahun Pelajaran 2024/2025 sebagaimana terlampir;
- Melakukan koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2024/2025 sesuai dengan kondisi wilayah masing-masing dengan tetap mengacu pada petunjuk teknis;
- Melakukan sosialisasi Penerimaan Peserta didik Baru (PPDB) Madrasah Tahun Pelajaran 2024/2025 kepada seluruh madrasah dan pihak terkait lainnya baik secara luring maupun daring melalui media cetak maupun media elektronik;
- Melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap pelaksanaan Penerimaan Peserta didik Baru (PPDB) Madrasah Tahun Pelajaran 2024/2025 dengan tetap berpedoman pada petunjuk Teknis dan peraturan yang berlaku.
TUJUAN
Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah Tahun Pelajaran 2024/2025 bertujuan untuk:
- menjamin penerimaan peserta didik baru di madrasah berjalan secara objektif, akuntabel, transparan, dan tanpa diskriminasi sehingga mendorong peningkatan akses layanan pendidikan yang berkeadilan;
- memberikan pedoman bagi Kepala Madrasah, orang tua siswa, masyarakat, dan para pemangku kepentingan lainnya dalam rangka pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB).
Ruang lingkup Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah Tahun Pelajaran 2024/2025 meliputi tata cara penerimaan peserta didik pada: 1. Raudlatul Athfal; 2. Madrasah Ibtidaiyah: 3 Madrasah Tsanawiyan; 4 Madrasah Aliyah; dan 5. Madrasah Aliyah Kejuruan;
Silakan download pada link berikut ini!
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
JUKNIS PPDB MADRASAH TAHUN PELAJARAN 2025/2026
Kementrian Agama pada Seksi Pendidikan Madrasah memiliki beberapa misi. Salah satu misi Kementerian Agama adalah “Meningkatkan akses dan kualitas pendidikan umum berciri agama,
CARA MENGISI RAPOR P5RA DI RAPOR DIGITAL MADRASAH (RDM) VERSI 3.0 TAHUN 2024
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil ‘Alamin (P5RA) merupakan bagian dari implementasi kurikulum merdeka di madrasah. Sebelumnya fitur P5RA di aplikasi RDM versi
ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK) DI MI NU AL FALAH TAHUN AJARAN 2024/2025
Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pen
DISEMINASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE GASING KEPADA GURU MI NU AL FALAH
Metode GASING adalah suatu metode pembelajaran matematika dengan langkah demi langkah yang membuat anak menguasai matematika secara gampang, asyik dan menyenangkan. Kunci meto
VISITASI AKREDITASI MI NU AL FALAH OLEH TIM ASESOR BAN-PDM TAHUN 2024
Akreditasi Madrasah/sekolah adalah kegiatan penilaian (asesmen) Madrasah/sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) un
EFEKTIFITAS METODE PJBL DENGAN MEDIA LOOSE PART LIMBAH KELAPA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA AL FALAH TANJUNGREJO JEKULO KUDUS
ASNA RA AL FALAH TANJUNGREJO, KEC. JEKULO. KAB. KUDUS Email : asna090973@gmail.com Abstrak Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang upaya meningkatakan Kreativitas&n
Pelaksanaan Asesmen Madrasah Berbasis Komputer (AMBK) Tahun Pelajaran 2022/2023
MI NU Al Falah mulai melaksanakan Asesmen Madrasah Berbasis Komputer Tahun Pelajaran 2022/2023. Asesmen Madrasah Berbasis Komputer (AMBK) merupakan asesmen sumatif yang dilaks
JUKNIS PPDB MADRASAH TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Kementrian Agama pada Seksi Pendidikan Madrasah memiliki beberapa misi. Salah satu misi Kementerian Agama adalah “Meningkatkan akses dan kualitas pendidikan umum berciri agama,
Siswa MI NU Al Falah Tanjungrejo mampu menjadi Pramuka Garuda Kwarcab Kudus
Pramuka Garuda ialah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka (Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega). Pramuka Garuda diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomo
Sejarah MI NU Al Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus
Pada tahun 1986 di Desa Tanjungrejo Jekulo kudus di dirikan sebuah lembaga Guruan Madrasah Ibtidaiyyah yang di kelola oleh sebuah yayasan, Madrasah ini merupakan yang pertama dan satu s